PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah Pengantar) Print
Written by Mudjia Rahardjo   
Monday, 06 July 2020 02:15

A. Pengantar

Dilihat dari tujuannya, ada dua macam jenis penelitian, yaitu penelitian murni (pure research) dan penelitian terapan (applied research). Lazimnya, penelitian murni atau sering disebut penelitian dasar (basic research) dimaksudkan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan teori melalui hipotesis yang diajukan. Bagi sebagian orang, penelitian dasar menarik karena bisa memberi sumbangan pemikiran secara konseptual terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, tetapi tidak memiliki nilai praktis untuk digunakan menyelesaikan masalah saat ini. Sedangkan penelitian terapan dimaksudkan untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat.

 

Yang termasuk penelitian terapan adalah penelitian tindakan (action research), penelitian evaluasi (evaluation research), dan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian terapan banyak digunakan di berbagai bidang ilmu, mulai dari ilmu alam, teknik dan sosial, seperti sosiologi, pendidikan, kesehatan, manajemen, ekonomi dan sebagainya.

Ada pihak yang tidak setuju dengan perbedaan antara penelitian dasar dan terapan seperti itu dengan alasan bahwa penelitian dasar atau murni juga bisa memberi sumbangan atau kontribusi terhadap penyelesaian masalah. Sebagian peneliti berpandangan bahwa tujuan akhir penelitiannya ialah untuk membantu menyelesaikan masalah sosial di masyarakat, tetapi pada saat yang sama juga dapat memberikan sumbangan teoretik dalam problematika sosial. Misalnya, seseorang melakukan penelitian dan pengembangan bidang pendidikan tentu memiliki perspektif secara teoretik yang cukup terkait tema atau pokok bahasan yang diteliti, walaupun tujuan akhirnya untuk mengembangkan sarana belajar tertentu. Wawasan teoretik itu bisa disumbangkan ke persoalan pendidikan.

Untuk memberikan penjelasan dan jawaban ke para penanya, baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen, tentang metode penelitian dan pengembangan, sajian ini akan membahasnya agak luas dengan menyertakan uraian tentang penelitian tindakan kelas. Diakui metode penelitian dan  pengembangan dalam pendidikan, bisa disebut penelitian dan pengembangan pendidikan, pada  beberapa dasa warsa terakhir sangat populer di kalangan peneliti dan akademisi untuk berbagai keperluan.

Di bidang pendidikan, banyak orang melakukan metode penelitian ini untuk kepentingan penulisan tugas akhir akademik (skripsi, tesis dan disertasi), tujuan pembelajaran dan pengembangan lembaga pendidikan. Di kalangan praktisi, penelitian pengembangan digunakan untuk tujuan praktis mengembangkan lembaga pendidikan dengan berbagai unsurnya.

 

B. Pengertian Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

Secara garis besar penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan sekaligus menguji efektivitasnya. Dimulai dari analisis kebutuhan, penelitian dan pengembangan akan menghasilkan produk yang diperlukan dan sekaligus menguji penggunaannya apakah produk tersebut efektif atau tidak. Lazimnya, metode penelitian ini berlangsung lama karena produk yang telah dihasilkan harus melalui pengujian. Menurut Sugiyono (---,  297) pada industri yang menghasilkan produk, misalnya produk teknologi, penelitian dan pengembangan merupakan ujung tombak dari suatu industri untuk menghasilkan produk baru yang diperlukan masyarakat. Tanpa penelitian industri tidak akan tahu secara pasti produk apa yang dibutuhkan masyarakat. Di negara maju terjadi sinergi yang sangat baik antara dunia industri dan peneliti pengembangan.

Dalam bidang pendidikan, metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tertentu yang efektif seperti silabus, bahan ajar, modul pembelajaran, media pembelajaran, laboratorium pendidikan, alat ukur/tes prestasi atau kemajuan siswa, alat ukur/tes untuk mengevaluasi kompetensi siswa dalam bidang tertentu. Penelitian dan pengembangan dilakukan karena peneliti melihat adanya masalah perangkat pendidikan yang dirasa tidak efektif atau tidak tepat sehingga hasil pembelajaran tidak maksimal. Misalnya buku ajar yang digunakan sudah ketinggalan zaman (out of date) sehingga tidak efektif. Misalnya, guru bahasa asing (misalnya bahasa Arab dan bahasa Inggris) merasa bahan ajar yang digunakan selama ini menjemukan dan sudah tidak relevan dengan perkembangan masyarakat sehingga siswa tidak bergairah dalam belajar. Hanya sekelompok siswa tertentu yang bisa belajar dengan baik.

Sebuah buku ajar bisa saja ketika dulu dibuat sangat menarik dan menjadi perangkat pembelajaran yang efektif. Tetapi seiring dengan perjalanan waktu, buku itu tidak lagi relevan untuk diajarkan kepada siswa generasi baru dan dianggap tidak menarik. Bahan ajar yang tidak menarik siswa akan berdampak pada pencapaian prestasi. Itu sebabnya para praktisi pendidikan dan pengajar selalu memperhatikan perubahan yang terjadi di masyarakat tentu akan berdampak pada praktik pendidikan.

Contoh lain, misalnya, guru pendidikan agama bisa mengadakan penelitian dan pengembangan terkait materi ajar pelajaran agama. Guru agama merasa bahwa mengajar agama tidak sama dengan mengajar bidang lain. Agama tidak cukup diajarkan tetapi juga dicontohkan. Agama bukan sekadar menyangkut kognisi, tetapi moralitas dalam perilaku keseharian. Jika bahan ajar agama tidak tepat, maka yang terjadi bisa saja siswa memiliki nilai mata pelajaran agama sangat baik (A), tetapi perilaku kesehariannya bertolak belakang dengan nilai yang diraih.

Menghadapi kondisi demikian, penelitian dan pengembangan dapat dilakukan dengan dibantu beberapa guru. Jadi, metode penelitian ini tidak dimaksudkan untuk mengembangkan atau menguji teori pendidikan, atau pendidikan agama, tetapi tidak tertutup kemungkinan juga memberikan sumbangan teoretik dalam bidang pendidikan.

Mengutip Borg dan Gall, Latief (2012: 107) mendefinisikan penelitian pengembangan sebagai berikut:

 

“Educational Research and Development (R&D) is a process used to develop and validate educational products. The steps of this process are usually referred to as the R&D cycle, which consists of studying research pertinent to the product to be developed, developing the products based on these findings, field testing it in the setting where it will be used eventually, and revising it to correct deficiencies found in the field testing stage. In more rigorous programs of R&D, this cycle is repeated until the field-test data indicate that the product meets its behaviorally defined objectives”.

 

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan tentang penelitian dan pengembangan pendidikan sebagai berikut:

  1. Penelitian dan pengembangan berlangsung dalam proses secara berurutan,
  2. Mengadakan analisis kebutuhan (needs assessment) perangkat pembelajaran sebagai langkah awal,
  3. Dilanjutkan dengan tahap pengembangan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran,
  4. Validasi produk oleh beberapa ahli atau pakar sebelum uji lapangan,
  5. Revisi produk berdasarkan validasi ahli yang berpengalaman sesuai bidangnya,
  6. Mengadakan uji lapangan/uji coba produk yang dihasilkan di tempat di mana produk akan digunakan,
  7. Melakukan perbaikan terus menerus terhadap kekurangan yang ada pada produk,
  8. Perbaikan berhenti ketika produk sudah memenuhi kebutuhan pengguna,
  9. Membuat produk akhir setelah melalui beberapa kali perbaikan dan uji lapangan.

Langkah penting dalam siklus penelitian dan pengembangan adalah validasi produk oleh beberapa pakar. Misalnya, produknya adalah bahan ajar, maka validasi dilakukan oleh pakar bahan ajar. Setiap pakar diminta untuk menilai bahan ajar yang didesain. Diminta memberi nilai artinya diminta menguji kelebihan dan kekurangannya/kekuatan dan kelemahan suatu produk. Jika masih terdapat kekurangan, perbaikan terus dilakukan sebelum akhirnya tercipta produk yang dianggap sempurna. Untuk dapat memeroleh hasil maksimal, validasi dapat dilakukan dalam forum diskusi dengan para pihak yang terlibat di penelitian atau research participants.

Langkah penelitian dan pengembangan (R&D cycles) dapat diilustrasikan sebagai berikut:

Dikutip dari Sugiyono (---, 298)

Karena prosesnya demikian panjang, maka penelitian dan pengembangan biasanya memakan waktu lama, bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun dalam bentuk proyek multi-years, yang tentu saja memerlukan beaya yang tidak sedikit.

Selain dilatarbelakangi oleh perangkat pembelajaran yang tidak efektif sebagai masalah, penelitian dan pengembangan, menurut Sugiyono (----, 298) bisa berangkat dari adanya potensi yang dapat dikembangkan tetapi belum didayagunakan. Potensi ialah segala kondisi yang bisa dikembangkan  sehingga menjadi nilai tambah. Misalnya, di sebuah daerah pertanian yang subur terdapat banyak warga usia produktif yang menganggur. Jumlah warga berusia produktif yang banyak dan lahan pertanian subur adalah suatu potensi. Jika dapat dikelola dengan baik, potensi tersebut akan menjadi nilai tambah bagi masyarakat.

Melalui penelitian dan pengembangan dapat dilakukan studi awal dalam bentuk survei kualitatif untuk menemukan profil para warga yang menganggur tersebut. Selanjutnya dapat dirancang model kerja yang tepat untuk para warga dengan memanfaatkan lahan pertanian yang subur. Model itu dibuat, divalidasi oleh ahli sesuai bidangnya, diuji coba, direvisi sampai akhirnya dihasilkan model kerja yang tepat untuk memanfaatkan keberadaan warga dan tanah pertanian yang subur.

Produk yang dimaksudkan  dalam penelitian dan pengembangan secara umum tidak hanya yang  berupa produk fisik seperti produk teknologi atau industri, seperti tape recorder, camera, mesin dan sebagainya,  atau jika dalam pendidikan berupa modul, buku ajar , atau alat peraga pendidikan, tetapi bisa berupa program atau suatu kebijakan. Misalnya, dalam bidang manajemen perusahaan atau perkantoran penelitian dan pengembangan dapat menghasilkan model atau sistem kerja yang menjadikan karyawan produktif, karena merasa nyaman bekerja, rasa tanggung jawab tinggi, kompetitif, kejelasan karier, dan jaminan masa depan. Untuk mencapai harapan tersebut, pemimpin perusahaan atau kantor bisa mengadakan penelitian dan pengembangan atau meminta jasa peneliti pengembangan untuk membuat sistem kerja yang diharapkan sehingga karyawan merasa terlayani dengan puas yang akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka.

C. Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian dan Pengembangan

Sebagaimana penelitian pada umumnya, penelitian dan pengembangan juga mengajukan rumusan masalah yang hendak dijawab. Menurut Latief (2012: 109) ada beberapa hal sangat penting dalam merumuskan masalah penelitian pengembangan pendidikan sebagai berikut:

1. Rumusan masalah berupa kalimat tanya (pertanyaan), bukan pernyataan,

2. Masalah tersebut berisi dua hal pokok, yaitu;

1). Masalah yang akan dipecahkan,

2). Spesifikasi perangkat pembelajaran yang akan dihasilkan.

Misalnya, pada penelitian dan pengembangan bidang pembelajaran bahasa Arab peneliti dapat mengajukan pertanyaan “Bagaimana bentuk bahan ajar bahasa Arab untuk siswa Madrasah Aliyah X sehingga siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa Arab dengan baik?”. Rumusan masalah tersebut mengandung makna bahwa:

  1. Selama ini siswa Madrasah Aliyah X belum mampu berbahasa Arab dengan baik,
  2. Bahan ajar yang digunakan tidak mendukung pencapaian kompetensi berkomunikasi,
  3. Siswa tidak bergairah belajar bahasa Arab, sehingga tidak dapat meraih prestasi,
  4. Masalah yang ingin dipecahkan ialah menyusun bahan ajar yang dapat membantu siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab. Dengan demikian, berangkat dari rumusan masalah tersebut dapat dirumuskan tujuan penelitian menjadi “Untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat membantu siswa Madrasah Aliyah mampu berkomunikasi bahasa Arab dengan baik.
  5. Bisa saja rumusan masalah di atas dielaborasi menjadi beberapa sub-rumusan masalah yang lebih spesifik.

Perlu diperhatikan umumnya rumusan masalah pada metode penelitian dan pengembangan menggunakan kata tanya “bagaimana” --- seperti pertanyaan penelitian dalam penelitian kualitatif (formal), bukan pertanyaan kausalitas sebagaimana dalam penelitian kuantitatif. Menurut Creswell dan Clark (2007:   104) pertanyaan ‘bagaimana’ mengandung implikasi pentingnya peneliti pengembangan memahami fenomena yang dipilih untuk diteliti secara mendalam. Pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena yang diteliti akan mampu menyelesaikan masalah sebagaimana diharapkan. Istilah-istilah yang lazim untuk tujuan tersebut ialah ‘discover’ (menemukan), ‘explore’ (eksplorasi atau menggali), dan ‘understand’ (memahami).

Karena itu, kendati bertujuan praktis sesuai sifatnya, tidak berarti bahwa penelitian dan pengembangan lepas dari teori. Hanya bedanya dengan penelitian formal, misalnya penelitian kualitatif, selain digunakan peneliti untuk memahami fenomena teori untuk dikembangkan, sehingga penelitian berakhir dengan temuan berupa teori baru. Sedangkan dalam penelitian dan pengembangan teori hanya sebatas untuk memahami fenomena dan tidak dilanjutkan ke pengembangan. Berharap memahami fenomena secara komprehensif, maka penelitian dan pengembangan mengharuskan ketersediaan informasi atau data yang memadai tentang fenomena yang diteliti.

D. Posisi Teori dalam Penelitian dan Pengembangan

Sebagaimana kegiatan ilmiah pada umumnya, penelitian dan pengembangan juga menggunakan teori. Posisi dan peran teori dalam penelitian dan pengembangan mirip dengan posisi teori pada penelitian kualitatif, yakni untuk membantu peneliti memiliki wawasan teoretik sehingga dapat memahami tema pokok penelitian dengan baik. Stringer (2007: 187) menyatakan:

“A new theory enables us to “re-see” the world, or see through taken-for-guaranteed concept categories that are oppressive or no longer helpful”. “Having said that, however, it is not possible to enter a research process atheoretically”.

Dengan wawasan teoretik, peneliti akan memiliki kepekaan memahami gejala yang diteliti dengan baik untuk membangun konsep. Topik bahasan dalam penelitian dan pengembangan harus dilihat sebagai dunia realitas kompleks yang memerlukan pemahaman yang komprehensif. Menurut Stringer (2007) pemahaman yang mendalam dapat diperoleh melalui dialektika hermeneutika (meaning-making-dialogues) dengan banyak pihak yang terlibat dalam penelitian, terutama para ahli di bidang terkait.

Tanpa pemahaman yang baik, tidak mungkin seorang peneliti akan menyusun produk yang baik, sesuai rumusan masalah yang diajukan. Peneliti R&D dan peneliti-peneliti lain bidang apa pun tidak boleh menyepelekan setiap realitas yang diteliti. Dalam pandangan penelitian dan pengembangan, ‘bahan ajar’ yang kurang baik sehingga menyebabkan hasil belajar yang tidak maksimal adalah gejala atau realitas sosial yang kompleks yang harus dipahami secara komprehensif. Dalam perspektif fenomenologi, tidak ada gejala sekecil apa pun yang tidak bermakna. Selain bermakna, tidak ada sebuah peristiwa yang tidak terkait dengan peristiwa lain. Sebuah kejadian tidak pernah hadir sendirian, selalu ada peristiwa lain yang melingkupinya atau konteks peristiwa.

Sebagai produk tindakan manusia, sebuah peristiwa selalu bermakna. Sebab, manusia adalah makhluk berkehendak. Di baliknya ada endapan makna yang dapat digali oleh peneliti. ‘Bahan ajar’ yang tidak tepat tidak dapat hanya dilihat sebagai objek tunggal. Ada serentetan peristiwa yang menyebabkan mengapa ada bahan ajar yang tidak berkualitas. Di sini peneliti pengembangan dapat menggalinya hingga tuntas agar dapat disusun bahan ajar sesuai kebutuhan. Untuk itu, diperlukan kajian teoretik agar dapat menyusun konsep, kategori, dan formulasi yang masuk akal dan diterima oleh khalayak akademik.

Terkait peran teori dalam penelitian dan pengembangan, Bailey (1982:  24) tidak setuju dengan pernyataan kalau bahwa penelitian dasar untuk mengembangkan dan menyumbang teori dan penelitian terapan hanya untuk menyelesaikan persoalan. Menurutnya, selain menyelesaikan masalah penelitian dan pengembangan pada saat yang sama juga dapat menyumbang secara teoretik sebagaimana dinyatakan berikut:

“Although it is customary to distinguish between pure and applied research in both the physical and social sciences, these two categories are not mutually exclusive in the sense that any study that is pure cannot have practical implications (and vice versa). Some researchers feel that the ultimate goal is a study that is helpful in solving social problems and at the same time makes a valuable contribution to the theoretical social-science literature”.

Menyangkut peran dan posisi teori, penelitian dan pengembangan mirip proses penelitian kualitatif, yakni membaca literatur yang relevan dengan topik yang diteliti setelah diperoleh pokok bahasan penelitian. Misalnya, setelah membuat rumusan masalah seperti di atas langkah yang dilakukan peneliti selanjutnya ialah mengumpulkan dan membaca literatur sebanyak-banyaknya yang up to date terkait atau relevan dengan tema tersebut, yakni “pengembangan bahar ajar bahasa untuk siswa kelas menengah atas”. Pembacaan literatur ini dimaksudkan agar peneliti mempunyai wawasan teoretik tentang tema pengembangan bahan ajar bahasa (asing).

Selain membaca literatur untuk memeroleh wawasan teoretik, peneliti juga berbekal kajian empirik dengan cara melakukan kajian terhadap studi-studi sebelumnya. Sesuai saran Stringer (2007) di atas agar proses penelitian tidak ahistoris, kajian terhadap studi terdahulu dilakukan untuk mencari state of the arts, yakni :

  1. Siapa saja yang pernah melakukan penelitian dan pengembangan dengan tema pengembangan bahan ajar pembelajaran bahasa Arab dalam kurun waktu lima tahun terakhir,  
  2. Di mana dan kapan penelitian itu dilakukan, dan
  3. Apa hasilnya.

Dengan diperoleh state of the arts, peneliti akan bisa memetakan posisinya dalam deretan penelitian dan pengembangan bidang pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam pengembangan bahan ajar. Dengan demikian, peneliti akan tahu apa persamaan dan perbedaan penelitiannya dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Untuk menghindari duplikasi, hal yang sangat penting di sini ialah hindari meneliti hal yang sama dengan yang telah dilakukan peneliti lain sebelumnya. Carilah objek, medan, tema, dan wilayah yang berbeda yang belum pernah diteliti orang lain.

Setelah memperoleh teori yang relevan dan state of the arts, peneliti mulai menyusun draf perangkat pembelajaran sebagaimana yang telah dirumuskan dalam pertanyaan penelitian. Jika draf selesai, peneliti minta ahli untuk memvalidasi sebelum dilakukan tahap uji coba di lapangan. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah sebagaimana tahap-tahap penelitian dan pengembangan seperti diurakan di muka.

Hasil akhir penelitian dan pengembangan adalah desain produk yang lengkap dengan spesifikasinya. Misalnya, terkait bahan ajar pengajaran bahasa Arab --- sebagaimana contoh di atas, hasil akhirnya adalah bahan ajar berupa buku lengkap dengan kualitas buku, metode penyajiannya, cara evaluasinya, tingkat kesulitannya dan sebagainya. Produk akhir itu harus dapat diaplikasikan sebagai pegangan utama pengajaran yang diharapkan dapat memperbaiki kualitas pengajaran bahasa Arab.                            

E. Beda Penelitian dan Pengembangan (R&D) Pendidikan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian dan pengembangan pendidikan tidak sama dengan penelitian tindakan kelas atau yang lazim disebut PTK. Tetapi ada persamaan, yakni keduanya merupakan jenis penelitian terapan. Karena penelitian terapan, keduanya tidak di bawah payung paradigma (positivistik, interpretif atau refleksif) sebagaimana penelitian formal.

Menurut Latief (2012: 108) penelitian dan pengembangan berbeda dengan penelitian tindakan kelas dari sumber masalah, tujuan dan dari produknya. Penelitian tindakan kelas berangkat dari strategi pembelajaran di kelas yang kurang tepat, tujuannya untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas sehingga menjadi lebih baik, dan produknya ialah berupa strategi atau metode mengajar di kelas yang baik.

Sedangkan penelitian dan pengembangan berangkat dari perangkat pembelajaran yang kurang tepat, tujuannya untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat menyelesaikan masalah, dan produknya ialah berupa perangkat pembelajaran berdasarkan asesmen kebutuhan. Hal lainnya ialah pada penelitian tindakan kelas tidak diperlukan kehadiran ahli, tetapi pada penelitian dan pengembangan ahli wajib dihadirkan untuk menguji kelebihan dan kekurangan produk.

Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang secara khusus dirancang oleh guru atau praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran atau perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas.  Dengan demikian, dalam PTK guru berperan ganda; di satu sisi dia sendiri ialah peneliti yang ingin mengetahui persoalan pembelajaran di kelasnya dan untuk memperoleh jawaban ilmiah terhadap persoalan tersebut yang bermanfaat bagi praktik pembelajaran, tetapi di sisi yang lain dia adalah pendidik yang bertugas mengajarkan materi ajar ke para siswa sebagaimana layaknya tugas sebagai pendidik.

Secara historis, penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan pengembangan dari penelitian tindakan (Action Research) yang diawali oleh pekerja-pekerja sosial dalam bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora di Amerika Serikat dan Eropa sekitar tahun 1946  dengan tujuan untuk memperbaiki  persoalan sosial di  masyarakat, seperti kenakalan remaja, pengangguran, penyalahgunaan obat, narkoba, kekerasan dalam rumah tangga, dan sebagainya, dengan mempraktikkan langsung tindakan yang telah dirancang sebelumnya.  Guru itu sendiri yang merancang kegiatan, melakukan kegiatan dan mencari jawaban atas persoalan yang dihadapi serta melakukan telaah kritis atas jawaban yang diperoleh. Burns (1991: 252) menjelaskan penelitian tindakan sebagai:

“the application of fact finding to practical problem solving in a social situation with a view to improving the quality of action within it, involving the collaboration and cooperation of researchers, practitioners, and laymen”.

Dalam perkembangannya, penelitian tindakan tidak hanya dipakai oleh para praktisi ilmu-ilmu sosial dan humaniora, tetapi juga oleh para guru dan praktisi pendidikan. Tentu saja kawasan penelitian tindakan lebih luas daripada penelitian tindakan kelas. Jika  penelitian tindakan menggunakan  masyarakat sebagai kawasan penelitiannya, maka  penelitian tindakan kelas menggunakan kelas sebagai wilayah atau medan penelitian.

Dalam hal penelitian tindakan kelas, situasi sosial yang dimaksudkan oleh Burns ialah kelas di mana praktik pembelajaran berlangsung. Lebih lanjut Burns menjelaskan bahwa di bidang pendidikan, penelitian tindakan meliputi kegiatan-kegiatan seperti pengembangan kurikulum, pengembangan profesional pendidik, program perbaikan sekolah, pengembangan kebijakan dan perencanaan sistem dan sebagainya. Biasanya penelitian tindakan meliputi identifikasi strategi yang telah dijalankan, kemudian diobservasi secara sistematik, dilakukan refleksi dan terakhir dilakukan perubahan-perubahan atau perbaikan terhadap strategi yang telah dijalankan, misalnya terhadap strategi belajar mengajar yang telah dilakukan oleh seorang guru.

Penelitian tindakan kelas, yang mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1980-an, merupakan sebuah proses secara menyeluruh di mana situasi atau keadaan yang dianggap bermasalah didiagnosis, kegiatan remedinya direncanakan dan dilakukan dengan baik, dan hasilnya dimonitor. Karena itu, penelitian tindakan kelas adalah sebuah pendekatan untuk menyelesaikan masalah pembelajaran, dan sekaligus proses untuk menyelesaikan masalah tersebut (it is both an approach to problem-solving and a problem-solving process).

Fokus penelitian tindakan terletak pada masalah yang spesifik dalam konteks tertentu, dan tidak dimaksudkan untuk memperoleh pengetahuan ilmiah yang bisa digeneralisasikan, sebagaimana lazimnya dalam penelitian kuantitatif, atau memperoleh pengetahuan ilmiah yang bisa ditransferabilitaskan, sebagaimana lazimnya dalam penelitian kualitatif. Menurut Burns, setidaknya terdapat 4 ciri utama penelitian tindakan sebagai berikut:

  1. Situasional --- mendiagnosis masalah dalam konteks tertentu dan berupaya menyelesaikannya dalam konteks itu pula. Peneliti berangkat dari persoalan yang dihadapi.
  2. Kolaboratif ---- peneliti dan praktisi bekerja bersama-sama. Misalnya, dalam melaksanakan kegiatan, guru bekerja sama dengan pihak-pihak lain, seperti atasan langsung, teman guru sejawat, siswa, guru BP, hingga orangtua siswa.
  3. Partisipatori ----- anggota tim penelitian secara langsung mengambil bagian dalam penelitian.
  4. Self-evaluatif ---- modifikasi atau perbaikan dievaluasi secara terus menerus dalam kondisi yang berlangsung untuk perbaikan.

Kendati tidak dimaksudkan untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah yang bisa digeneralisasikan atau ditransferabilitaskan, selain dimaksudkan untuk melakukan perbaikan atau meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, hasil penelitian tindakan kelas bisa saja dipakai untuk berbagi pengalaman dengan sesama guru atau praktisi yang mengajar bidang studi yang sama di tempat lain.

Jika penelitian tindakan adalah jenis penelitian yang dilakukan oleh para praktisi, bukan jenis penelitian akademik atau ilmiah untuk menemukan temuan baru berupa konsep, proposisi atau teori, maka sama halnya Penelitian tindakan kelas dilakukan oleh para praktisi pendidikan atau guru tidak dimaksudkan untuk menemukan konsep atau teori pembelajaran, tetapi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan menyelesaikan masalah yang timbul di kelas yang diajar oleh guru.

Penelitian tindakan kelas dimulai dari masalah yang sangat sempit dan praktis, bukan masalah yang bersifat ilmiah atau teoretik. Teori dalam penelitian tindakan kelas bersifat preskriptif, bukan eksplanatori untuk menjelaskan suatu fenomena untuk melahirkan teori baru (generating new theory), dan juga bukan berupa hipotesis untuk dibuktikan sebagaimana lazimnya dalam penelitian kuantitatif. Metodenya pun tidak ada ukuran yang standar, sebagaimana dalam penelitian-penelitian formal, mulai dari persoalan situs, sampel, kontrol validitas, instrumen, hingga analisis datanya.

Selain itu, tidak perlu ada bagian khusus yang membahas interpretasi data dan diskusi hasil, melainkan refleksi personal dari guru itu sendiri tentang pengajarannya, kritis terhadap yang telah dilakukan untuk selanjutnya melakukan perbaikan-perbaikan. Semua dilakukan secara sistematis, realistis dan rasional berdasarkan masalah yang dihadapi. Dari PTK guru diharapkan tahu kelebihan dan kekurangannya dalam mengajar.

Hasil akhir penelitian tindakan kelas terbatas sebagai upaya untuk perbaikan praktik pendidikan oleh guru yang bersangkutan. Penelitian tindakan kelas bukan jenis penelitian formal yang menggunakan paradigma positivistik atau paradigma interpretif, tetapi termasuk jenis penelitian terapan dengan pendekatan kualitatif, walaupun bisa saja menggunakan data kuantitatif.  Jenis penelitian ini juga tidak perlu ada novelty atau state of the arts yang wajib ada dalam penelitian formal.

Di kalangan para ahli metodologi penelitian, tingkat keilmiahan penelitian tindakan kelas masih menjadi perdebatan hingga kini. Karena itu, sebaiknya tidak dipakai untuk kegiatan menyusun tesis, apalagi disertasi. Tesis dan disertasi, bahkan skripsi sekalipun merupakan karya ilmiah akademik yang hasilnya berupa temuan baru untuk pengembangan ilmu pengetahuan sesuai bidang yang diteliti. Tetapi bahwa penelitian tindakan kelas sangat bermanfaat untuk perbaikan praktik pengajaran di kelas tidak diragukan. Untuk itu, sangat dianjurkan setiap guru bidang studi apa saja dapat menguasai metode penelitian ini untuk meningkatkan profesionalismenya.

Sebagai sebuah varian baru dalam metodologi penelitian, tentu saja penelitian tindakan kelas sangat bermanfaat bagi para guru dan praktisi pendidikan. Bagaimana pun tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat bagi umat manusia. Hanya masalahnya semua harus ditempatkan secara proporsional, seperti kelayakan penelitian tindakan kelas digunakan untuk menyusun karya setingkat tesis atau bahkan disertasi.

Kompleksitas persoalan masyarakat yang dari hari ke hari terus meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya meniscayakan setiap pendidik untuk memperbaiki diri dengan terus meningkatkan kualitas akademiknya, termasuk dalam hal penelitian tindakan kelas. Mahasiswa di jurusan-jurusan pendidikan juga sangat baik dibekali pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas, sekaligus mempraktikannya.

F. Penutup

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, metode penelitian, baik yang murni maupun terapan, baik yang berparadigma positivistik, interpretif maupun refleksif, juga mengalami perkembangan. Penelitian dan pengembangan (R&D) termasuk metode penelitian yang berkembang dilihat dari sisi bidang ilmu yang menggunakannya pada beberapa dasa warsa terakhir. Metode ini dipakai di berbagai bidang ilmu, mulai dari ilmu alam, teknik hingga ilmu sosial, seperti sosiologi, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya.

Sebagai jenis  penelitian terapan, penelitian dan pengembangan tidak berada di bawah payung salah satu paradigma penelitian, sebagaimana penelitian formal, seperti metode kuantitatif, kualitatif, dan kritis yang berangkat dari landasan berpikir filosofis yang ketat.

Di sebagian masyarakat masih terjadi kesalahpahaman antara penelitian dan pengembangan dengan penelitian tindakan kelas. Ada yang menganggapnya sama. Padahal, keduanya sangat berbeda, mulai dari alasan tujuan, dan hasil akhirnya. Penelitian tindakan kelas berangkat dari strategi pembelajaran di kelas yang tidak efektif, sehingga dicari upaya penyelesaian dengan mencari model pembelajaran baru yang lebih baik. Dengan model atau strategi baru diharapkan pembelajaran di kelas tersebut berlangsung efektif.

Sedangkan penelitian dan pengembangan berangkat dari perangkat pembelajaran yang tidak baik/tidak berkualitas sehingga tidak efektif. Tujuannya ialah untuk menemukan atau menciptakan produk perangkat pemebelajaran yang tepat. Hasil akhirnya berupa produk perangkat pembelajaran yang lebih baik sehingga proses belajar mengajar dapat mencapai hasil optimal. Selain itu, masih ada satu lagi perbedaannya, yakni penelitian dan pengembangan bisa dilakukan ketika  terdapat potensi yang belum diberdayakan. Hal itu bisa terjadi karena ketidaktahuan atau tidak ada pihak yang memeloporinya, sehingga potensi itu terbengkalai.

Di masyarakat modern terbangun kesadaran tinggi untuk menggunakan penelitian sebagai dasar melakukan tindakan, sehingga terjadi sinergitas antara dunia industri, bisnis, pemerintah, lembaga pendidikan dan sebagainya. Mereka mengambil tindakan berdasarkan data objektif, sehingga terhindar dari kesalahan bertindak.  Mereka tidak segan-segan mengeluarkan beaya tinggi untuk kegiatan penelitian. Penelitian dan pengembangan dapat membantu masyarakat menyelesaikan persoalan dengan memberikan data yang benar.

Walau tidak bermaksud mengembangkan atau menemukan teori dan menguji teori sebagaimana penelitian formal kuantitatif, peneliti metode penelitian dan pengembangan wajib menguasai teori, setidaknya yang terkait dengan pokok masalah yang diteliti dan dikembangkan. Tanpa pemahaman teoretik yang baik, seorang peneliti pengembangan tidak akan dapat menghasilkan produk yang diharapkan. Karena itu, selain untuk menyelesaikan persoalan pendidikan, penelitian dan pengembangan pendidikan juga dapat memberikan sumbangan teoretik pada bidang yang diteliti. Sebagai aktivitas ilmiah dan bagian dari ilmu pengetahuan, baik penelitian dan pengembangan maupun penelitian tindakan kelas tetap harus tunduk pada kaidah ilmiah, yaitu rasional dan objektif. Selamat mencoba!

________

Malang, 3 Juli 2020

Daftar Pustaka

 

Bailey, Kenneth D. 1987. Methods of Social Research. New York, London: The Free Press.

 

Burns, Robert B. 1991. Introduction to Research Methods in Education. Melbourne: Longman Cheshire Pty Limited.

 

Creswell, John W. & Clark, Vicki L. Plano. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Thousand Oaks, London, New York: Sage Publications.

 

Latief, Mohammad Adnan. 2012. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

 

Stringer, Ernest T. 2007. Action Research. Third Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore: Sage Publications.

 

Sugiyono ------. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Comments (72)
  • ?? ??????  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best you can see in the morning !

    https://www.tranquilkneads.org
  • Pat Jerko  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    PLATZ 1 Auf Google! Konkurrenz hat keine Aussicht! Günstige Google SEO Experte aus Köln! Linkaufbau -gravitätisch und gravierend- für Onlineshop – Online Blog – Webseiten Onlineshop aller Art! Organic REALE Verkehr & EINEN GUTEN RANK AUF GOOGLE! Sie erhalten nicht nur schlichtweg erstellte Backlinks!

    https://aright.de/backlinks-linkaufbau-seo-spezialist-200/
  • Casino Site  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best you can see in the morning !

    https://www.bolacasino88.net
  • 1XBet  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    awwww thats so nostalgic

    https://www.vuasongbac.com/song-bac-uy-tin/1xbet/
  • what the fkc  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    May I simply say what a comfort to find a person that genuinely understandswhat they’re talking about on the internet. You definitely know how to bring a problem to lightand make it important. More and more people ought to check this out and understand this side of the story.It’s surprising you are not more popular because you definitelypossess the gift.

    https://marvelcomics.faith/wiki/Keep_Your_Time_and_Effort_Using_Shortc uts_In_Pc
  • ??? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best you can see in the morning !

    https://www.bolacasino88.net
  • baccarat  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best view in the town !

    https://yesbet88baccarat.com
  • Empire777  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    I had to stop a lot to go and check things I didn't know/understand.

    https://www.vuasongbac.com/song-bac-uy-tin/empire777/
  • ??? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best you can see in the morning !

    https://bestplay88.com/casinosite
  • Doreen Penny  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    world is changing

    https://www.fmyykj.com/pro/Cyclosporin_A_59865-13-3_dogs_synthetic_usa ge.html
  • baccarat  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best view in the town !

    https://baccarat.best
  • ??? ?? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://www.bolacasino88.net
  • ?? ? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://mikaplay88.com
  • ??? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://yesbet88baccarat.com
  • Baccarat  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Birthday surprises are the best!

  • Normand Treger  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    See link:"https://www.gdt.at" here!

    https://www.gdt.at
  • ??? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://topslots.live
  • sports betting  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best view i have ever seen !

    https://bestplay777.com
  • ?? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best view i have ever seen !

    https://bestplay777.com
  • slots bonus  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://onlyfreespin.com/en
  • ?? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://topslots.live
  • ?? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best view i have ever seen !

    https://yesplay88.com/sportslive
  • ????? ??? ?????? ??? ???? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Technology today is so cool you can record even if you are not home

    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • sports betting  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best view i have ever seen !

    https://newsrelated.net
  • ??? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://bestbaccarat.fun
  • ??????????????  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    what is or who made the "say cheese" as a staple of smiling while taking pictures.

  • ??????????????  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    make sure to research and do a background check of the president you want to vote

    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • Anonymous  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    if I ran in the elections imma change my name to wisely! Haha

    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • ????????????????????? ????????  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar


    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • ????????????? ???????  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar


    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • ????? ??? ?????? ??? ???? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    if I ran in the elections imma change my name to wisely! Haha

    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • ????? ??? ?????? ??? ???? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    make sure to research and do a background check of the president you want to vote

    https://www.88thaicasinoslots.com/no-deposit-bonus/
  • zarz?dzanie sprzeda?? lokali d  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    I am really inspired along with your writing talents and also with the format for your blog. Is that this a paid subject matter or did you customize it your self? Anyway keep up the excellent high quality writing, it's uncommon to peer a nice blog like this one today.

    http://www.3cube.pl/CMS/rozwiazania_dla_biznesu/rozwiazania_dla_biznes u.html
  • Serita Heesch  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Terrific article

    https://www.fmyykj.com/pro/Actinomycin_D_50-76-0_usage_dose_function_b rand.html
  • Mable Manigault  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    It's hard to say

    https://www.fmyykj.com/pro/Doxorubicin_Hydrochloride_25316-40-9_usage_ injection_price.html
  • Maricela Klingbeil  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    is written by him asno one else know such detailed ab

    https://rakhi2019.com
  • arsenal news  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    link:"http://www.love-football.net" title="chelsea news"

    http://www.love-football.net
  • harry kane  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    link:"http://www.worldfootball2022.com" title="arsenal news"

    http//www.worldfootball2022.net
  • Luciano Dreps  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Terrific article

    https://www.ants-medical.com/html/product/2020-7-2/398.html
  • ??? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://blackjack88.pro
  • safe playground  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love watching sunset !

    https://tradiemthi.net
  • Remona Kraasch  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Terrific article

    https://www.tcsindustry.com
  • YesBet88  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://blackjack88.pro
  • Zane Barreda  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    But no, it didn't, in fact it elevated the need for brokers. This is a get-get scenario, not only for the customer, but also for the airline. Here are the leading ten reasons that 1000's of other people have pursued journey RN jobs.

    https://hoortravels.com/
  • ??  - good to know this
    avatar
    https://toto-flix.com
  • ???88  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://blackjack88.pro
  • YesBet88  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://blackjack88.pro
  • Sandi Masker  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    At minimum with teens, you lay down the guidelines and what occurs if the guidelines are damaged. Even if the journey company states its Okay for your customers to make the check out to you, don't do it.

    https://hoortravels.com/
  • ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://blackjack88.pro
  • sports betting  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best movie i have ever seen !

    https://khabaar.net
  • ???88  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://www.gwangjusubway.co.kr
  • casino  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://mikaplay88.com
  • ??? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best movie i have ever seen !

    https://roulettekr.com
  • Casino Site  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://yesbet88promo.com
  • blackjack  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://blackjack88.pro
  • game tài x?u  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Music is really the universal language

    https://www.vuasongbac.com/song-bac-games/tai-xiu/
  • Asley Toppen  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    I agree with you

    https://www.fmyykj.com/pro/Cyclosporin_A_59865-13-3_dogs_synthetic_usa ge.html
  • judi-pokeridn  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Solitary desk Sit n Go's are turning into increasingly well-liked. So, keep in mind to study via the online tutorial and attempt to master the basic techniques of poker first. The vendor will then display you his playing cards.

    https://judi-pokeridn.top/
  • judi-pokeridn  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    If you want to play on-line poker, it's necessary to use a dedicated software program. Lastly, the most typical distinction in between on-line poker and video poker is the aspect of skills and luck.

    https://judi-pokeridn.top/
  • pjpiisoe  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    The player described right here plays to maximize his or her source of earnings. This amounts to around 30 8 dollars an hour. Don't toss just any ol' cloth more than your poker table.

    https://judi-pokeridn.top/
  • Slot Online Slot Online Slot O  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online

    https://biggreenweek.com/
  • ??? ?? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://bestplay777.com
  • ??? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://lucky88.space/onlinecasino
  • ??? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    If you feel bored because you are locked down in your home for several months. Try playing live casino or baccarat on https://bestplay8.com/casino/

    https://bestplay8.com/casino/
  • ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best movie i have ever seen !

    https://aruteki.com
  • ??? ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best movie i have ever seen !

    https://aruteki.com
  • ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best film i have ever seen !

    https://www.songmanhits.com
  • ?? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Love to see this every day !

    https://www.shinsen-mart.com
  • ?????  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best movie i have ever seen !

    https://shiatsu-web.com
  • ?? ???  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best View i have ever seen !

    https://shiatsu-web.com
  • win money fast  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    link:"https://ref.moneyguru.co/halounet" title="win money fast"

    https://ref.moneyguru.co/halounet
  • ??  -  - PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Sebuah
    avatar
    Best View i have ever seen !

    https://shiatsu-web.com
Write comment
Your Contact Details:
Gravatar enabled
Comment:
:D:angry::angry-red::evil::idea::love::x:no-comments::ooo::pirate::?::(
:sleep::););)):0
Security
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

Last Updated on Monday, 06 July 2020 02:32